Minggu, 15 Agustus 2010

Karya Tari Sanggar Bina Seni Tari Raksa Budaya

TARI BANTEN KATURAN 
Sinopsis
Banten merupakan sebuah provinsi yang memiliki keanekaragaman seni budaya dengan sikap dan etika masyarakatnya yang terbuka, bersahabat, dan penuh persaudaraan.

Tari Banten Katuran , merupakan Tarian bertema penyambutan dan memiliki kandungan makna sebagai bentuk penghormatan dan sebuah ajakan untuk datang berkunjung ke Propinsi Banten, sebagai salah satu wilayah di Nusantara yang memiliki pesona Wisata Alam serta Seni Budaya yang indah, dan bercorak khas.



Dok. Gelar Seni Budaya Banten
Sasnono Langen Budoyo Tahun 2007




"TARI GREBEG TERBANG GEDE"

Sinopsis
 Tari Grebeg Terbang Gede , merupakan sebuah karya tari kreasi yang bercirikan Tradisi, yang  berpijak pada kesenian Terbang Gede dari Kota Serang,  yang dikolaborasikan dengan pencak silat khas Banten.

 Tarian ini  bertemakan tari Selamat Datang, sebagai bentuk  ungkapan penyambutan kehadiran tamu agung

Grebeg diambil dari kosa kata bahasa Jawa Banten , yang memiliki arti dirempug, sebagai simbol dari masyarakat Banten  yang  religius, ramah,  dan terbuka.


Liputan SCTV
Maret 2008



TARI MALER BEDUG


Sinopsis


Tari Maler Bedug, merupakan tari rampak bedug  dengan  sajian garapan baru yang dikembangkan dari keberagaman  musik tradisi Khas Banten  dengan  mengambil pijakan gerak dari  bedug Pamarayan dan Silat Trumbu.

Sajian Tari Maler Bedug yang dinamis dapat ditampilkan sebagai tarian pembuka sebuah acara maupun sebagai tari pertunjukan untuk menyambut tamu.


ROAD SHOW MALL TO MALL
Cibubur – November 2008

TARI GITEK COKEK


Sinopsis


Karya tari kreasi baru ini berpijak pada sebuah kesenian tradisional dari Kabupaten Tanggerang, yaitu Tari Cokek,  tarian ini  menggambarkan  sosok figur para  penari cokek saat ini
          Jika tidak karena bulan
           tidak bintang meninggi hari
          Jika tidak karena tuan
          tidaklah saya datang kemari
         
            Jika langit bergulung awan
Menoreh pena menggulung kanji
Maksud hati menawan tuan
Mencuri pandang mengikat janji

 
Convention Hall Braja Mustika Bogor, 29 Juli 2010 


“ TARI BEDUG WARNANE”

SINOPSIS:
 Tari Bedug Warnane merupakan  karya seni kreasi tradisi  Banten  yang berpijak pada seni Rudat dan Terbang Gede   yang dikolaborasikan dengan Kesenian  Rampak Bedug Pamarayan dari Kabupaten Serang- Banten dan rampak bedug Pandeglang 


 JCC, 9 Agustus 2010


“TARI  GITEK GANJEN”


SINOPSIS


Berangkat dari sebuah kesenian tradisionalBanten yaitu Tari Cokek.
Karya ini menggambarkan prilaku remaja putri yang  ingin menarik perhatian.  “Ganjen “ merupakan kosa kata bahasa Jawa Banten ,  yang ditujukakan pada remaja putri yang lincah dan genit.
Tari Gitek Ganjen dapat juga disajikan sebagai tari pergaulan, dimana penonton dapat turut serta menari

Dok . Medal Sedanten Pajeg Ning Banten Tahun 2007
durasi  = 7 s. d 10 menit
  
 NGEBAKSAKEUN
Sinopsis
Merupakan sebuah kreasi tari tradisi yang mengambil pijakan dari Sikat Trumbu  gaya kabupaten Pandeglang . Karya ini bertemakan tari penyambutan.



Dok. Pentas Gelar Seni Budaya Banten
Hotel Bidakara – Jakarta Tahun 2005
Durasi 5 Menit

1 komentar: